SMA Bisaa | Program Pendidikan Vokasi

Pemerintah baru saja meluncurkan program pendidikan vokasi industri, yakni link and match antara SMA dan industri. Program pendidikan vokasi industri ini sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMA) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Program ini menargetkan pada 2019 sebanyak 1.775 SMA akan menghasilkan 845.000 tenaga kerja tersertifikasi yang disalurkan melalui 355 perusahaan.

Pada tahap awal, pemerintah telah menunjuk tiga perusahaan industri dan 20 SMA, yakni PT. Petrokimia Gresik dengan 7 SMA di wilayah Jawa Timur, PT Astra Hinda Motor dengan 9 SMA di Tangerang, Banten, dan Sulawesi Selatan, PT Polytama Propindo dengan 4 SMA di Indramayu dan Cirebon, PT Komatsu Indonesia dengan 41 Sekolah di seluruh Indonesia termasuk SMA AL WAFI IBS.

Dengan program ini maka lulusan SMA akan bisa langsung bekerja di industri-industri tersebut. Sehingga ke depan tidak akan ada lagi lulusan SMA yang menganggur.